Kelebihan dan Kekurangan Vivo X70 Pro

Masih hangat dan baru saja meluncur secara resmi di Indonesia. Salah satu flagship yang sudah lama ditunggu – tunggu oleh konsumen di Indonesia sebagai generasi penerus di lini X. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Vivo X70 Pro yang bisa kita simpulkan setelah dijual di Indonesia?.

Sekedar informasi, anda harus mempersiapkan uang yang tidak sedikit untuk bisa memiliki smartphone ini. Ya, dijual di angka Rp. 11 Jutaan tentu bukan angka yang sedikit. Jadi sangat wajar rasanya jika kita memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap smartphone ini.

Namun apakah memang benar demikian? apakah Vivo X70 Pro bisa memenuhi ekspektasi, kebutuhan, dan keinginan para calon konsumen di Indonesia?. Semuanya akan kita bahas secara tuntas disini. Bukan hanya sektor kamera, namun ada banyak kelebihan Vivo X70 Pro yang bisa kita rasakan.

Vivo X70 Pro memang menonjolkan kamera sebagai fokus jualan yang paling utama. Namun tentu tidak ada salahnya jika kita berharap dan memiliki ekspektasi tinggi juga terhadap performa, baterai, dan beberapa sektor lainnya. Mari kita ulas semua kelebihan dan kekurangan Vivo X70 Pro terbaru ini.

Kelebihan Vivo X70 Pro

Vivo X70 Pro adalah lini flagship terbaru dari Vivo dan hingga saat ini merupakan ponsel termahal yang dijual oleh Vivo di Indonesia. Salah satu kelebihan Vivo X70 Pro terdapat pada sisi kamera yang tidak main – main. Bahkan Vivo harus bekerjasama dengan perusahaan lain untuk bisa memberikan hasil terbaik.

Namun bukan hanya itu saja, sebab Vivo X70 Pro juga sangat mumpuni ketika berbicara mengenai dapur pacu. Menggunakan chipset buatan Mediatek, vivo sengaja memilih chipset yang terkenal hemat daya dan tentunya memiliki performa maksimal.

Apakah cukup sampai disitu saja? tentu saja tidak. Para pengguna vivo X70 Pro masih akan dimanjakan dengan layar yang super maksimal kualitasnya. Bukan hanya tajam dan jernih, namun masih terdapat berbagai keunggulan lainnya yang bisa kita dapatkan.

Begitu juga dengan teknologi yang diusungnya seperti teknologi pengisian cepat. Anda tidak akan butuh waktu yang lama untuk mengisi daya baterai smartphone hingga penuh. Tidak perlu berlama – lama, mari kita ulas semua kelebihan Vivo X70 Pro ini.

1.Desain Super Premium

Desain Premium Vivo X70 Pro
Desain Premium Vivo X70 Pro

Desain yang super premium adalah salah satu kelebihan Vivo X70 Pro. Mulai dari depan hingga belakang, hampir tidak ada cacat dari keseluruhan body ponsel ini menurut saya. Layar depan yang begitu menarik dengan bezel super tipisnya.

Memang harus diakui jika vivo sangat lihai memainkan perannya dalam mendesain smartphone, khususnya belakangan ini. Vivo X70 Pro tersedia dalam dua warna yang dijual resmi di Indonesia, yakni Cosmic Black dan Aurora Dawn memang benar – benar terlihat premium.

Hal yang tidak kalah menarik adalah desain kamera Vivo X70 Pro ini. Modul kamera terlihat menonjol seakan menunjukkan jika ini ada bagian terbaiknya ponsel ini. Namun jika diperhatikan, ternyata modul kamera dan LED Flash ditempatkan di dua modul yang terpisah.

Ya, hanya sentuhan kecil saja namun meninggalkan kesan premium. Apalagi model bertingkat seperti ini, dimana modul LED Flash dibuat lebih rendah dibandingkan modul kamera. Detail – detail kecil seperti inilah yang justru memberikan dampak besar pada desain ponsel.

Jujur saja, modul kamera ini merupakan salah satu kelebihan Vivo X70 Pro yang sangat menawan bagi saya. Terutama karena ada beberapa informasi yang terdapat disana, seperti jenis lensa dan bukaan lensa. Detail seperti ini biasanya kita temukan pada kamera DSLR.

2. Curved Super AMOLED 120Hz dan HDR10+

Curved AMOLED 120Hz HDR10+ Vivo X70 Pro
Curved AMOLED 120Hz HDR10+ Vivo X70 Pro

Salah satu bagian terbaik dari ponsel ini adalah bagian layar. Jujur saja, saya tidak menemukan kekurangan pada sektor ini. Tentunya kecuali ukuran layar yang mungkin saja berbeda persepsi antar orang, ada yang suka ukuran compact ataupun ukuran besar.

Vivo X70 Pro sudah dibekali dengan panel berjenis Super AMOLED berukuran 6.56 inch, ukuran yang sangat pas menurut saya. Bukan hanya itu saja, kelebihan Vivo X70 Pro sangat terasa juga pada model curved display, yakni layar yang melengkung pada bagian samping.

Apakah cukup sampai disitu saja?, tentu tidak. Layar ini didukung resolusi 1080 x 2376 piksel dengan refresh rate 120Hz dan tentunya sudah mendukung HDR10+. Paket yang sangat komplit menurut saya dan pasti bisa memberikan kepuasan bagi para usernya.

Dengan ketajaman layar yang maksimal dari Super AMOLED, detail kecil sekalipun pasti bisa ditampilkan oleh Vivo X70 Pro terbaru ini. Belum lagi dukungan refresh rate yang tinggi membuat pergerakan layar akan sangat memanjakan mata.

3. Performa Tangguh

Chipset Vivo X70 Pro
Chipset Vivo X70 Pro

Salah satu chipset yang sangat gahar buatan Mediatek, itulah yang akan kita dapatkan dari Vivo X70 Pro. Kinerja dari smartphone ini sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan sekalipun digunakan untuk bermain game online yang berat.

Salah satu kelebihan Vivo X70 Pro adalah menggunakan chipset Dimensity 1200 5G (6nm) yang dipadukan dengan GPU Mali-G77 MC9 sebagai pengolah grafis. Namun oleh vivo sendiri, chipset ini diberikan nama Dimensity 1200 vivo, ada embel brand vivo di belakang.

Mengapa demikian?, karena chipset ini tidak serta merta digunakan secara mentah oleh vivo. Namun vivo terlebih dahulu melakukan berbagai perubahan tuning demi mendapatkan performa yang paling maksimal dari chipset ini.

Untuk tampilan antarmuka, tentu saja vivo menggunakan Funtouch 12 berbasiskan Android 11 terbaru. Namun dipastikan jika ponsel ini akan mendapat update untuk generasi Android selanjutnya, yakni Android 12.

Bagaimana dengan proses multitasking?, jangan khawatir karena RAM 12GB sudah siap melahap semua aktivitas anda pada smartphone ini. Ditambah lagi dengan memori internal 256B yang akan siap menampung banyak file anda.

4. Kamera Juara dan Superior

Kamera Vivo X70 Pro
Kamera Vivo X70 Pro

Bagian ini juga menjadi salah satu sektor terbaik vivo X70 Pro dan menjadi jualan utama. Bagaimana tidak?, vivo harus bekerjasama dengan perusahaan lain untuk bisa memberikan hasil yang paling maksimal dalam sektor fotografi dan perekaman video, yakni perusahaan Zeiss.

Diketahui jika vivo X70 Pro dibekali dengan lensa 50MP main camera yang sudah dibekali teknologi Laser AF dan gimbal OIS, lensa 8MP untuk periscope telephoto berteknologi OIS dan kemampuan 5x optical zoom, lensa 12MP telephoto dengan 2x optical zoom dan lensa 12MP ultrawide.

Bagaimana dengan fitur dan keistimewaan kamera Vivo X70 Pro? luar biasa. Kamera ponsel ini sudah dibekali Zeiss optics, Zeiss T* Lens Coating, Pixel Shift, dual-LED dual-tone flash, HDR, dan panorama. Paket yang sangat luar biasa dari vivo X70 Pro.

Untuk anda yang ingin memanfaatkan ponsel ini untuk merekam video, hasilnya juga tidak perlu diragukan lagi. Mampu merekam video hingga resolusi [email protected]/60fps, tentunya dengan dukungan gyro-EIS untuk kestabilan video dan HDR10+.

Tergolong sangat canggih pada sektor kamera belakang, bagaimana dengan kemampuan kamera depan?. Walaupun bukan menjadi fokus utama, namun lensa beresolusi 32MP miliki ponsel ini juga sudah cukup mumpuni. Bahkan lensa ini juga mampu merekam video hingga [email protected], tidaklah mengecewakan.

Sektor kamera memang menjadi jualan utama ponsel ini. Wajar saja jika kita bisa menemukan sederet kelebihan Vivo X70 Pro hanya dari sektor kamera saja. Jujur saja, sangat sulit rasanya menemukan celah pada kamera, khususnya kamera belakang.

5. Konektivitas Mutakhir dan Lengkap

Jaringan 5G adalah salah satu teknologi terbaru dari sisi konektivitas yang dimiliki oleh Vivo X70 Pro. Namun tentu saja bukan hanya itu, masih ada juga sederet konektivitas yang paling mutakhir dan bisa kita temukan dari Vivo X70 Pro. Sebut saja seperti Wi-Fi 6, bluetooth 5.2, USB Type-C, OTG dan NFC.

Walaupun memang harus diakui jika untuk saat ini kita masih belum bisa dengan leluasa menggunakan jaringan 5G. Namun setidaknya vivo sudah mempersiapkan diri untuk hal tersebut dan tidak ketinggalan dari para kompetitornya.

6. Adaptor Jack Audio 3.5mm

Adaptor Jack Audio Vivo X70 Pro
Adaptor Jack Audio Vivo X70 Pro

Khususnya smarthone flagship, memang sangat banyak yang absen port jack audio 3.5mm. Alhasil, para pengguna harus membeli adaptor untuk bisa menggunakan handset. Pembelian pun harus secara terpisah karena jarang ada brand yang memberikannya dalam paket pembelian.

Disinilah letak kelebihan Vivo X70 Pro yang sangat layak diacungi jempol. Anda tidak perlu harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli adaptor, sebab Vivo sudah menyertakannya dalam kemasan pembelian Vivo X70 Pro.

Kalau dipikir – pikir, berapa lah harga dari adaptor jack audio seperti ini. Namun bukan soal harganya, melainkan kemauan Vivo untuk berbeda dari para kompetitor dalam memberikan paket yang siap pakai kepada para pengguna.

Kekurangan Vivo X70 Pro

Ketika kita harus mengeluarkan uang senilai Rp. 11 Juta untuk membeli smartphone, tentu ekspektasi kita juga harus tinggi. Mayoritas calon konsumen biasanya sudah mewajibkan ponselnya tahan air jika harus mengeluarkan uang sedemikian besarnya.

Sayangnya, disinilah letak kekurangan Vivo X70 Pro, masih belum memiliki sertifikat IP 67 atau IP 68. Ini berarti jika Vivo X70 Pro masih belum tahan air. Buat anda yang mewajibkan fitur ini, coba berpikir ulang apakah akan tetap membeli Vivo X70 Pro atau melirik brand lain.

Selain itu, tidak ada salahnya jika kita berharap baterai yang besar agar tahan digunakan seharian, terutama saat mengingat performa dapur pacu yang tidak main – main. Namun apa jadinya jika ternyata baterainya sangat terbatas?. Belum lagi ditambah pengisian cepat yang belum mampu bersaing dengan kompetitor.

Karena tidak memiliki slot microSD sebagai solusi tambahan media penyimpanan, anda mungkin akan berpikir untuk membeli varian dengan memori internal yang maksimal. Sayangnya, anda tidak akan bisa memenuhi keinginan anda, sebab Vivo X70 Pro sejauh ini hanya dijual dalam satu varian RAM dan memori internal di Indonesia.

1. Tidak Tahan Air

Vivo X70 Pro Tidak Tahan Air
Vivo X70 Pro Tidak Tahan Air

Membeli smartphone yang tahan air, bukan berarti jika kita ingin menggunakannya pada saat berenang di kolam renang ataupun untuk melakukan perekaman video di dalam air. Namun lebih kepada ‘bisa digunakan’ dalam kondisi tertentu.

Vivo X70 Pro misalnya memiliki kemampuan kamera dan perekaman video yang sangat baik. Untuk para creator mungkin saja ingin mengambil video pada saat hujan. Namun sayangnya, anda tidak akan bisa menggunakan Vivo X70 Pro, sebab smartphone ini masih belum memiliki sertifikat IP67 atau IP68.

Ini artinya jika ponsel flagship Vivo ini masih belum tahan air. Jika anda memaksakan, maka resiko kerusakan tentu akan sangat tinggi. Dan tentu saja tidak ada pengguna yang mau mengambil resiko demikian secara sengaja, terutama karena harganya tidaklah murah.

Jujur saja, ini merupakan salah satu kekurangan Vivo X70 Pro yang sangat fatal menurut saya. Bagaimana tidak?, para kompetitor bahkan di bawah harga Rp. 10 Juta saja kebanyakan sudah memiliki sertifikat IP 67. Anda bisa lebih leluasa menggunakan ponsel dalam berbagai keadaan dan kondisi.

2. Baterai Terbatas

Coba bayangkan ketika anda memiliki smartphone dengan kemampuan performa dapur pacu yang sangat baik. Wajar saja jika anda betah dan berlama – lama menggunakan smartphone ini, untuk bermain game misalnya.

Namun jika ternyata ponsel tiba – tiba mati?, tentu sangat menjengkelkan dong. Sudah mengeluarkan uang yang banyak, ternyata daya tahan baterainya kurang mendukung. Ya jadinya anda kurang bisa menikmati performa gaharnya dengan maksimal. Lagi – lagi kekurangan Vivo X70 Pro yang sangat mengganggu menurut saya.

3. Fast Charging Kurang Memadai

Fast Charging Kurang Memadai
Fast Charging Kurang Memadai

Tidak masalah kalaupun baterai cepat habis, kan masi bisa diisi ulang. Ya tidak masalah jika pengisian daya bisa berlangsung dengan cepat. Namun kalau harus butuh waktu lama juga?. Memang benar, anda tidak akan butuh waktu hingga 2 jam untuk mengisi daya layaknya ponsel mid end dan low entry.

Namun sebagai ponsel flagship, tentu kita mengharapkan yang terbaik. Bayangkan saja Vivo X70 Pro masih mengadopsi teknologi pengisian cepat 44W saja. Sementara kompetitor? rata – rata sudah menggunakan teknologi fast charging hingga 60W atau bahkan lebih.

Sangat disayangkan memang kekurangan Vivo X70 Pro pada sektor ini. Baterai yang terbatas mungkin masih akan terbantu jika memiliki pengisian yang super cepat. Sayangnya tidak dan anda harus sedikit lebih bersabar ketika mencharger Vivo X70 Pro.

4. RAM dan Storage Terbatas

Flagship Vivo X70 Pro memiliki layar yang super tajam dan jernih. Sangat cocok digunakan untuk menonton film, baik streaming maupun offline. Kalau mau menonton offline, tentu anda harus memiliki storage yang besar untuk menyimpan film.

Demikian juga ketika anda menginstal bayak game online, tentu membutuhkan banyak memori internal untuk instalasi aplikasi. Tapi bagaimana kalau anda harus kehabisan memori?, tentu solusinya adalah dengan menambah memori menggunakan microSD.

Sayangnya disini jugalah kekurangan Vivo X70 Pro, yang masih belum dibekali dengan slot microSD. Kalau tadinya terdapat pilihan memori internal diatas 256GB, mungkin tidak masalah karena pengguna bisa membeli varian yang lebih tinggi.

Namun jika hanya terdapat satu pilihan saja seperti ini? tentu akan bingung dan tidak tahu harus bagaimana. Apapun ceritanya, anda harus bisa mencukupkan dan puas dengan memori internal sebesar 256GB tersebut.

Kesimpulan Mengenai Kelebihan dan Kekurangan Vivo X70 Pro

Sebagaimana saya jelaskan diawal artikel ini, Vivo X70 Pro paling mengunggulkan sektor kamera. Ini benar dan memang sangat layak mendapat acungan jempol. Untuk anda yang mencari ponsel dengan kemampuan kamera dan perekaman video yang baik, smartphone ini sangat layak dipertimbangkan.

Belum lagi kualitas layar yang super tajam dan smooth, menurut saya tidak ada cacat yang bisa kita temukan pada sektor layar. Untuk kebutuhan apapun, layar Vivo X70 Pro rasanya sudah cukup mumpuni, sekalipun digunakan untuk bekerja berat menampilkan detail kecil sekalipun.

Anda juga akan dipuaskan berkat performa dapur pacu yang luas biasa. Untuk kebutuhan bermain game online? jangan ragu karena saya yakin Vivo X70 Pro sangat mampu untuk diandalkan. Ada banyak alasan yang bisa membuat ponsel ini layak anda pertimbangkan.

Namun kalau anda mencari ponsel yang lebih fleksibel dan bisa digunakan dalam berbagai kondisi, maka flagship tanpa sertifikat IP67 rasanya sudah sangat kurang. Belum lagi ditambah dengan kapasitas baterai yang terkesan nanggung, dan juga pengisian daya yang kurang cepat dibandingkan kompetitor.

Demikianlah pembahasan saya mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo X70 Pro yang dijual secara resmi di Indonesia dengan harga Rp. 11 Juta. Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi anda sekalian sebelum memutuskan untuk membeli Vivo X70 Pro atau tidak.

Tinggalkan komentar