Vivo V23e Spesifikasi dan Harga

Jika anda sedang mencari ponsel dengan kemampuan kamera selfie yang mumpuni, mungkin ponsel yang satu ini sangat cocok untuk bahan pertimbangan. Bagaimana tidak?, V23e memiliki kamera selfie 50MP. Mari kita ulas lengkap spesifikasi dan harga Vivo V23e terbaru ini.

Lini V series dari Vivo memang selalu mengandalkan kamera selfie sebagai senjata utama. Bahkan sejak pertama kali V series diluncurkan, tradisi ini tetap dipertahankan. Yang terbaru saat ini adalah Vivo V23e yang hadir dengan kamera selfie beresolusi 50MP.

Namun bukan hanya spesifikasi, performa pada sektor lainnya juga tidak bisa dianggap sepele. Sebut saja performa dapur pacu yang juga mampu bersaing dengan para rivalnya. Demikian juga kecepatan pengisian daya baterai yang maksimal.

Desain dan Layar

Desain Premium Vivo V23e
Desain Premium Vivo V23e

Harus diakui jika vivo memang hampir selalu berhasil membuat ponsel dengan desain yang cantik dan juga premium. Demikian juga dengan desain Vivo V23e terbaru yang terkenal slim dan sangat tipis. Namun memang harus diakui jika desain yang tipis seperti ini akan memberikan efek ke baterai yang terbatas.

Bagaimana dengan layarnya? secara umum sih memang bagus, namun masih ada kekurangan yang cukup mengganggu. Ya, vivo V23e menggunakan panel AMOLED 6.44 inchi dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Sebagaimana kita tahu, AMOLED terkenal dengan ketajaman dan kerjenihannyanya.

Namun yang sangat disayangkan adalah panel yang sekedar AMOLED. Maka dari itu, sektor layar saya sebut sebagai kelebihan dan kekurangan Vivo V23e yang membuat dilema. Di lain sisi sudah bagus, namun di sisi lain masih kurang.

Ponsel lain pada umumnya yang sudah menggunakan panel AMOLED akan mendukung HDR. Namun ponsel ini masih belum, sehingga rasanya masih kurang untuk range harga yang dipatok oleh Vivo.

Demikian juga refresh rate yang masih standar. Tentunya ini menjadi salah satu kekurangan juga untuk vivo V23e. Tentu akan jauh lebih baik jika vivo menaikkan refresh rate setidaknya hingga 90Hz saja.

Untungnya, vivo memang sudah menggunakan teknologi fingerprint di bawah layar. Ya, under display fingerprint adalah salah satu teknologi yang memang masih tergolong mahal dan tentu menjadi sebuah kelebihan bagi vivo V23e karena sudah mengadopsinya.

Spesifikasi Vivo V23e Pada Dapur Pacu

Chipset Vivo V23e Helio G96
Chipset Vivo V23e Helio G96

Walaupun terkenal sebagai smartphone selfie, namun bukan berarti jika spesifikasi vivo v23e di sektor dapur pacu terabaikan. Bahkan untuk kebutuhan bermain game online, rasanya chipset yang digunakan maish akan sangat mumpuni dan bisa memberikan kinerja yang baik.

Vivo V23e menggunakan chipset Mediatek Helio G96 (12nm) yang dipadukan dengan GPU Mali-G57 MC2 sebagai pengolah grafis. Sekedar informasi, chipset G series dari Mediatek memang dirancang khusus untuk memaksimalkan performa gaming.

Namun memang harus diakui jika chipset Mediatek seri G ini masih memberikan panas yang berlebih dibandingkan chipset kompetitor. Mau tidak mau, panas ponsel Vivo V23e mungkin akan lebih dibandingkan dengan ponsel lainnya di range harga yang kurang lebih sama.

Untuk multitasking, Vivo V23 memiliki RAM berukuran 8GB yang masih bisa di expandable menggunakan storage internal hingga 4GB. Jadi total RAM yang akan dimiliki Vivo V23e adalah 12GB dan ini tentunya sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan multitasking.

Bagaimana dengan memori internal? vivo V23e tersedia dengan varian storage 128GB. Bahkan anda juga masih bisa menambah media penyimpanan menggunakan microSD tambahan, yang sayangnya harus mengorbankan slot SIM 2.

Spesifikasi Vivo V23e di sisi software sama seperti ponsel vivo pada umumnya. Ponsel ini menggunakan UI Funtouch 12 berbasiskan Android 11 terbaru.

Spesifikasi Kamera Vivo V23e

Kamera Belakang Vivo V23e
Kamera Belakang Vivo V23e

Kemampuan kamera selfie vivo V23e tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Sejak pertama kali meluncur di Indonesia, vivo V series memang selalu unggul di bagian ini. Namun bagaimana dengan kamera belakang?.

Vivo V23e menggunakan set up tiga kamera belakang, dengan masing – masing lensa 60MP main camera, 8MP ultrawide dan 2MP macro. Rasanya kamera belakang ini juga tidak bisa dianggap sepele, walaupun sudah pasti bukanlah yang terbaik di kelasnya.

Untuk range harga Vivo V23e yang berada di angka Rp. 5 Jutaan, smartphone lain bahkan sudah ada yang menggunakan kamera 108MP. Namun memang harus diakui jika ponsel – ponsel tersebut masih tidak sebagus vivo V23e ketika berbicara mengenai kamera selfie.

Ya, vivo v23e menggunakan lensa 50MP untuk kamera selfie, tidak tanggung – tanggung. Untuk anda yang suka vlogging, rasanya kamera ini masih cukup lumayan dengan perekaman hingga [email protected]

Konektivitas Vivo V23e

Urusan konektivitas adalah bagian yang paling banyak diabaikan oleh ponsel ini menurut saya. Bahkan tidak berlebihan jika saya menyebutnya gudang kekurangan vivo V23e. Bagaimana tidak? dimulai dari absennya port jack audio hingga NFC yang banyak dibutuhkan saat ini.

Untuk jaringan yang masih hanya mendukung 4G mungkin tidak akan terlalu masalah. Walaupun sebenarnya saat ini sudah ada banyak ponsel lain dengan harga yang kurang lebih sama di Indonesia, namun sudah mendukung jaringan 5G terbaru.

Namun bagaimana dengan port jack audio 3.5mm?. Sangat disayangkan karena vivo v23e harus meniadakannya yang entah dengan alasan apa. Flagship pada umumnya membuang jack audio dengan alasan meningkatkan kekedapan air agar tidak masuk ke dalam smartphone.

Sementara spesifikasi vivo V23e masih tidak sebagus itu. Belum memiliki sertifikat IP67 atau IP68. Alhasil, ketiadaan port jack audio ini menurut saya memang murni merupakan sebuah kekurangan vivo V23e.

Demikian juga halnya dengan NFC, dimana semakin banyak dibutuhkan pengguna saat ini, terutama untuk kebutuhan pembayaran cashless. Hal ini sesuai dengan anjuran kesehatan demi meminimalisir kontak dengan orang lain di masa pandemi Covid-19 ini.

Baterai dan Pengisian Daya

Vivo Super FlashCharge 44W
Vivo Super FlashCharge 44W

Ketika kita berbicara mengenai kapasitas baterai, maka spesifikasi Vivo V23e sama sekali tidak bisa dibanggakan. Hal ini karena baterainya sendiri hanya berkapasitas 4.050mAh yang tergolong sangat kecil di akhir tahun 2021 ini.

Namun kembali ke topik awal mengenai desain yang slim, ini adalah sisi buruk dari desain smartphone yang terlalu tipis. Alhasil, baterai yang bisa dimasukkan pun sangat terbatas ukurannya, sejalan dengan kapasitasnya.

Untungnya pengisian daya bisa dilakukan dengan cepat, mengandalkan Vivo FlashCharge 44W. Ya, rasanya hanya butuh waktu sebentar saja untuk mengisi daya baterai sekecil ini hingga penuh. Sekalipun anda harus mengecas baterai di siang hari, tidak terlalu masalah karena bisa mengecas dengan cepat.

Harga Vivo V23e

Diatas tadi kita sudah mengulas dengan tuntas spesifikasi Vivo V23e, mulai dari desain, layar, performa dapur pacu, kamera, konektivitas dan juga baterai. Lantas, bagaimana dengan harga Vivo V23e terbaru ini di Indonesia?.

Pada saat artikel ini saya tulis, masih ada waktu beberapa hari lagi untuk Vivo V23e resmi meluncur di Indonesia. Alhasil, vivo Indonesia sendiri masih belum memberitahukan berapa banderol harga Vivo V23e terbaru ini.

Namun tidak ada salahnya jika kita mengambil gambaran dari harga Vivo V23e di negara lain, yakni Vietnam yang sudah terlebih dahulu meluncurkan smartphone ini. Harga Vivo V23e di Vientam di banderol di angka VND 8.490.000 atau kisaran Rp. 5.3 Jutaan jika dirupiahkan.

Jika kita melihat kamera selfie yang dimiliki, rasanya harga ini sangatlah murah. Namun jika kita melihat layar yang masih hanya dengan refresh rate 60Hz saja, belum HDR, juga baterai yang kecil, absen port jack audio, maka harga ini tergolong wajar.

Last, sekian dulu pembahasan mengenai spesifikasi Vivo V23e dan harganya. Semoga harga Vivo V23e di Indonesia tidak lebih mahal dibandingkan di Vietnam, atau bahkan bila memungkinkan agar lebih murah lagi.

Update 23 November 2021

Vivo V23e ternyata sudah memiliki NFC untuk yang dipasarkan dan dijual secara resmi di Indonesia. Dan kabar terbaik datang dari banderol harga Vivo V23e, yang ternyata masih lebih murah dibandingkan harga di Vietnam yang sudah lebih dulu meluncurkan ponsel ini.

Jika di Vietnam dijual di angka Rp. 5.3 Jutaan, maka tidak dengan di Indonesia. Selisih harganya juga lumayan jauh dan ini tentu akan sangat menyenangkan buat konsumen Vivo di Indonesia. Adapun harga Vivo V23e di Indonesia ada di angka Rp. 4.399.000.

Tinggalkan komentar