Kelebihan dan Kekurangan Oppo A95

Deretan ponsel A series dari Oppo akan segera bertambah. Bocoran mengenai Oppo A95 sudah semakin marak dan tentunya sebentar lagi akan meluncur secara resmi di Indonesia. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Oppo A95 terbaru ini?.

Walaupun belum meluncur secara resmi di Indonesia, namun bocoran mengenai Oppo A95 sudah sangat banyak. Bahkan Oppo sendiri sudah mencantumkan smartphone ini di situs resmi mereka, begitu juga dengan Youtube Oppo Indonesia.

Bukan hanya itu, Oppo juga sudah memasang banner Oppo A95 di toko online mereka di berbagai marketplace, seperti di Shopee misalnya. Jika berminat, maka jangan sampai kelewatan flash sale yang biasanyd dilakukan bersamaan dengan perilisan.

Namun sebelum anda memutuskan untuk membelinya, alangkah baiknya jika terlebih dahulu mengetahui secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A95 terbaru ini.

Kelebihan Oppo A95

Desain yang menawan dengan tagline Oppo Glow Design adalah salah satu keunggulan menurut saya pribadi. Desain ini bisa dibilang mirip dengan desain Oppo Reno 4 saat pertama kali meluncur. Walaupun memang harus diakui, jika desain Oppo Reno 4 series masih lebih mewah.

Namun bukan cuma itu saja, baterai dan performa pengisian cepat juga pantas mendapatkan acungan jempol. Untuk sektor ini, Oppo tidak akan mengecewakan dan pasti sanggup memberikan kepuasan untuk penggunanya.

Belum lagi ditambah dengan teknologi terbaru dari Oppo sekarang ini, yakni Expendable RAM. Ini semacam teknologi yang bisa menambah kapasitas RAM dengan mengambil sedikit memori internal. Tidak masalah, alaskan memang benar memberikan efek bagus.

Bagaimana dengan kamera?, jenis panel layar yang digunakan?, performa dapur pacu?, semuanya akan kita bahas kali ini. Mari simak secara lengkap beberapa kelebihan Oppo A95 yang akan saya sampaikan.

1. Oppo Glow Design

Oppo Glow Design
Oppo Glow Design

Berbicara mengenai desain, sebenarnya memang berbicara masalah selera. Apa yang bagus menurut kita, belum tentu bagus menurut orang lain. Namun saya pribadi, sangat suka dengan desain Oppo A95. Desain yang mewah dan juga original karena bukan desain yang ikut – ikutan dengan trend terakhir ini, seperti desain kotak khas iPhone misalnya.

Bagian depan layar terlihat minimalis dengan model punch hole yang kecil. Belum lagi area belakang yang terlihat mewah dengan desain Oppo Glow Design. Oppo sendiri mengklaim jika desain ini baru pertama kalinya digunakan pada ponsel A series.

Housing kamera memang bisa dibilang tidak memiliki ciri khas. Namun bagaimanapun juga desain ini bukanlah desain yang jelek. Walaupun memang, menurut saya pribadi akan jauh lebih mewah jika dibuat sama dengan desain kamera Oppo Reno, dimana setiap lensa terlihat menonjol.

2. Super AMOLED dan Under Display Fingerprint

Berapa harga Oppo A95? hingga saat ini memang Oppo belum mengumumkan secara resmi. Namun menurut saya pribadi, akan dijual di harga hampir menyentuh Rp. 4 Jutaan untuk varian RAM 8GB yang dipadukan dengan memori internal 128GB. Itu masih sebatas perkiraan, namun saya yakin tidak akan meleset jauh.

Dengan banderol harga tersebut, kelebihan Oppo A95 adalah sudah dibekali dengan layar berjenis Super AMOLED yang terkenal akan kejernihan dan juga ketajamannya. Panel AMOLED dengan ukuran 6.43 inchi dan resolusi 1080 x 2400 piksel sudah sangat mumpuni menurut saya.

Punya layar super AMOLED, namun sidik jari masih konvensional rasanya kurang memuaskan. Nah jangan khawatir karena Oppo A95 tidak demikian. Namun ponsel ini sudah menggunakan under display fingerprint. Mewah sudah pasti, canggih dan maju juga pasti.

3. Performa

Performa Oppo A95
Performa Oppo A95

Sebenarnya bukanlah hal yang terlalu istimewa. Lantas mengapa saya memasukkannya dalam daftar kelebihan Oppo A95?. Ini dikarenakan ada banyak keunggulan di sektor lain dan wajar jika bagian performa tidak terlalu ditonjolkan.

Walaupun demikian, performa dari Oppo A95 tidaklah akan mengecewakan. Dengan chipset Snapdragon 662 (11nm) yang dipadukan dengan GPU Adreno 610, rasanya sudah cukup mumpuni untuk bermain game sedang.

Terutama untuk urusan multitasking tentu akan sangat mampu diandalkan. Selain memiliki RAM sebesar 8GB, pengguna juga masih bisa menambah kapasitas RAM dengan menggunakan memori internal hingga kapasitas 5GB. Total 13GB RAM tentu akan sangat memanjakan pengguna.

4. Kamera Selfie 16MP

Untuk anda yang suka berselfie ria, Oppo A95 sudah dibekali dengan kamera depan beresolusi 16MP. Tidak mengecewakan pastinya dan cukup bisa diandalkan. Butuh untuk video call?, dijamin kameranya jernih dan tajam.

Untuk anda yang suka merekam video menggunakan kamera depan, Oppo A95 juga sudah mengakomodir perekaman video hingga resolusi [email protected]

5. Baterai 5000mAh dan 33W Flash Charge

Baterai Oppo A95
Baterai Oppo A95

Baterai dengan kapasitas 5000mAh rasanya sudah cukup mumpuni untuk digunakan selama seharian. Tentunya jika penggunaan smartphone tidak terlalu ekstrem, seperti bermain game hingga berjam-jam. Untuk penggunaan normal, rasanya kapasitas tersebut sudah cukup.

Kalaupun anda harus kehabisan baterai sebelum sore atau malam, tidak perlu khawatir. Ada teknologi 33W Flash Charge dari Oppo yang siap sedia melakukan pengisian daya dengan cepat. Menurut klaim Oppo, hanya butuh waktu 30 menit saja untuk mengisi daya hingga 54%.

Kekurangan Oppo A95

Mari kita lihat pada bagian kamera, Oppo A95 hanya menggunakan 3 buah kamera belakang. Tidak masalah menurut saya kalaupun hanya memiliki 3 buah kamera belakang. Namun yang menjadi kekurangan Oppo A95, mengapa harus meniadakan kamera ultrawide?.

Selanjutnya, entah kenapa Oppo selalu betah menggunakan body belakang berbahan plastik. Menurut saya pribadi, material plastik di bagian belakang sudah kurang mewah, setidaknya bahan kaca. Walaupun memang desain belakangnya tidaklah jelek. Namun bagi saya, plastik tetaplah plastik.

Bagaimana kalau kita berpindah ke fitur tambahan yang dimiliki?. Lho, ternyata absen NFC sekalipun harganya tidak bisa dibilang murah – murah amat. Padahal, fitur NFC ini sudah sangat penting lho di zaman sekarang ini. Mari simak ulasan mengenai kekurangan Oppo A95.

1. Material Plastik

Material Plastik
Material Plastik

Bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu masalah, sekalipun bagian belakang masih menggunakan material plastik. Namun untuk saya pribadi, kurang begitu suka dengan material plastik. Alhasil ponsel yang saya gunakan saat ini menggunakan material kaca pada bagian belakang, walaupun harganya tidaklah mahal.

Kalau anda tidak terlalu masalah dengan material plastik ini, maka bisa mencoretnya dari daftar kekurangan Oppo A95. Penggunaan material plastik atau kaca mungkin tergantung selera masing – masing. Sebab tidak jarang orang lebih suka plastik dengan alasan tidak mudah pecah dan itu memang ada benarnya.

2. Tanpa Corning Gorilla Glass

Pengaman layar menurut saya sangat penting. Namun ketika saya mencari informasi mengenai Oppo A95, di situs resmi Oppo maupun di situs – situs besar, sama sekali tidak ada yang mencantumkan perihal pelindung layar Oppo A95.

Padahal jika kita melihat kompetitor, di range harga seperti ini sudah bisa dipastikan dibekali dengan Corning Gorilla Glass 5 setidaknya. Bahkan seperti Poco X3 Pro sudah dibekali dengan Corning Gorilla Glass Victus.

3. Minus Kamera Ultrawide

Kamera Oppo A95
Kamera Oppo A95

Oppo A95 memiliki 3 buah kamera utama, yakni 48MP main camera, 2MP macro dan 2MP depth. Ketiga kamera ini tidak memiliki keistimewaan. Tergolong sangat biasa saja untuk range harga Rp. 3 Juta keatas. Bahkan mungkin kamera macro dan depth sama sekali tidak akan berguna.

Ya, para pengguna smartphone biasanya akan sangat jarang menggunakan kamera macro dan depth. Lensa paling populer biasanya adalah main camera dan ultrawide camera. Bisa juga kamera telephoto untuk keperluan zoom, namun biasanya ada pada ponsel yang lebih mahal.

Lantas, mengapa Oppo A95 harus absen kamera ultrawide?. Buat saya pribadi, kamera ultrawide sangatlah penting pada momen tertentu. Misalnya ketika ingin menjepret objek yang luas, namun kita tidak bisa mundur lebih jauh lagi. Alhasil, kamera ultrawide pasti bisa diandalkan.

Namun sayangnya disinilah salah satu kekurangan Oppo A95. Kalau saya pribadi, tidak masalah macro dan depth dibuang diganti dengan kamera ultrawide. Dua buah kamera belum tentu lebih buruk, asalkan memang sering digunakan.

4. Absen NFC

Transaksi digital saat ini sudah semakin marak dan bisa kita temukan dimana – mana. Tidak heran jika banyak produsen smartphone akhirnya membenamkan teknologi NFC pada ponsel besutan mereka, terutama untuk range harga Rp. 3 Juta keatas.

Namun sayangnya inilah yang menjadi kekurangan Oppo A95. Walaupun harganya tidak bisa dibilang murah, namun NFC saja masih harus absen. Tentu sangat disayangkan untuk mereka yang sering melakukan transaksi digital.

Kesimpulan Mengenai Kelebihan dan Kekurangan Oppo A95

Jika anda mencari ponsel yang mewah secara desain, maka saya rasa Oppo A95 sangat layak untuk dipertimbangkan. Menurut saya pribadi, desainnya terlihat lebih mahal, dan tidak seperti kelas Rp. 3 Jutaan.

Layar yang tajam juga bisa menjadi alasan memilih ponsel ini. Kalau anda suka menonton film dari smartphone, panel Super AMOLED milik Oppo A92 tentu akan sangat mampu memanjakan mata. Belum lagi under display fingerprint, memberikan kesan premium.

Atapun jika anda mencari ponsel dengan performa yang mumpuni, ponsel ini masih bisa diandalkan. Terutama berkat kapasitas baterai yang cukup besar, ditunjang lagi dengan kecepatan pengisian daya mencapai 33W tentu sangat bisa diandalkan.

Namun kalau NFC merupakan keharusan pada ponsel yang sedang anda rencanakan untuk beli, maka segera coret pilihan ini. Sebab disinilah salah satu kekurangan Oppo A95 yang saya sendiri sangat menyayangkannya.

Last, itulah berbagai kelebihan dan kekurangan Oppo A95 yang terbaru. Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi anda sekalian sebelum memutuskan untuk membeli Oppo A95.

Update 18 November 2021

Oppo sudah meluncurkan Oppo A95 secara resmi pada tanggal 18 Novdember 2021. Keran pre-order juga sudah dibuka mulai tanggal 18 – 25, selanjutnya tanggal 26 Oppo akan mulai mengirimkan pesanan masing – masing pembeli.

Untuk banderol harga Oppo A95 ada di angka Rp. 3.999.000. Namun jika anda membeli selama periode pre-order, maka anda akan mendapatkan hadiah senilai Rp. 399.000 berupa A95 Audio Ball. Untuk pre-order, anda bisa membelinya melalui situs resmi Oppo Indonesia ataupun via Shopee.

Tinggalkan komentar